Articles Comments

IHCS » Archive

SIARAN PRES: 385 Petambak Plasma eks-Dipasena Mendaftarkan Memori Kasasi

SIARAN PRES: 385 Petambak Plasma eks-Dipasena Mendaftarkan Memori Kasasi

Siaran Pers Bersama Perhimpunan Petambak Plasma Udang Windu Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan Indonesian Human Rights Committee for Social Justice 385 Petambak Plasma eks-Dipasena Mendaftarkan Memori Kasasi Melawan PT. Aruna Wijaya Sakti/Central Proteina Prima “Memastikan Cerita Bahagia dari Tambak Udang eks-Dipasena terus Berlanjut” Tulang Bawang, 19 Maret 2014. 385 Petambak Plasma eks-Dipasena mendaftarkan memori kasasi ke Mahkamah Agung melalui Pengadilan Negeri Menggala di Kabupaten Tulang Bawang. Petambak Udang terbagi ke dalam dua perkara masing-masing Putusan Pengadilan Tinggi Nomor: 20/Pdt./2013/PT.TK dengan 185 Petambak … Read entire article »

Filed under: News, Press Release

Siaran Pres : Tolak Adu Domba Berujung Kriminalisasi Masyarakat Bali!!

Tolak Adu Domba Berujung Kriminalisasi Masyarakat Bali!! Tangkap Pelaku Adu Domba!!! Lepaskan Para Pejuang Lingkungan Hidup Bali!!!   Perjuangan masyarakat Bali dalam menolak reklamasi Teluk Benoa masih berlangsung. Dimotori elemen ForBali, gabungan dari sekian banyak organisasi masyarakat Bali dari berbagai komunitas, terus menjelma menjadi perlawanan yang massif diberbagai wilayah di Bali. Setelah menggelar serangkaian aksi dan agenda-agenda perjuangan penolakan Reklamasi Teluk Benoa di Jakarta beberapa bulan lalu, tepatnya 22 – 25 Januari 2014, kemudian dilanjutkan dengan aksi-aksi serta panggung-panggung music di Bali, akhir Februari lalu, Jaringan Aksi Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa (JALAK) Sidakarya Denpasar Bali bersama para aktivis lingkungan Hidup di Bali melakukan aksi menentang agenda reklamasi teluk Benoa, atas aksi tersebut, seorang warga pejuang lingkungan hidup, I Wayan Tirtayasa, ditangkap dan ditahan yang kemudian juga ditetapkan sebagai Tersangka oleh aparat … Read entire article »

Filed under: Press Release

Siaran Pers: Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Tambang

Salam Demokrasi Apemindo (Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia), telah melakukan Permohonan Uji Materi Pasal 102 dan 103 Undang-Undang Mineral dan Batubara (Perkara No.10/PUU-XII/2014). Pasal-pasal tersebut mengatur kewajiban pemegang IUP (Ijin Usaha Pertambangan) dan IUPK (Ijin Usaha Pertambangan Khusus) untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya mineral dan / atau batu bara, serta wajib melakukan pengolahan dan pemurnian hasil penambangan di dalam negeri. Oleh Apemindo dipandang, pasal-pasal tersebut di atas tidak bisa diartikan sebagai larangan ekspor bahan mineral mentah, sehingga pengaturannya inkonstitusional. Mengetahui adanya judicial review tersebut, sejumlah ormas yang tergabung dalam Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Tambang (IHCS, FITRA, PWYP, P3M, KIARA), siang tadi di Mahmakah Konstitusi mendaftarkan gugatan intervensi terhadap Permohonan Uji Materi Undang-Undang Minerba yang dimohonkan Apermindo, untuk menjadi pihak terkait, dengan alasan sebagai berikut : Pertama. Undang-Undang Minerba tegas melarang ekspor mineral mentah … Read entire article »

Filed under: Uncategorized