Articles Comments

IHCS » Archive

Peluncuran Buku Ruraltalks IHCS

Peluncuran Buku Ruraltalks IHCS

Bertempat di Hotel Kaisar  IHCS (Indonesian Human Rights Committee for Social Justice) meluncurkan buku yang bertajuk “Ikhtiar Memahami Transformasi Sosial Ekonomi Pedesaan” selain acara peluncuran buku IHCS juga mengadakan sesi diskusi mengenai buku itu sendiri, hadir dalam acara diskusi tersebut, sebagai nara sumber antara lain – Komisi ll DPR RI Budiman Sudjatmiko, Prof Dr. Endriatmo (Dosen IPB), Prof Dr. Gunawan Wiradi (pakar agraria) dan ketua eksekutif IHCS sendiri, Gunawan. Peserta yang datang pun cukup beragam, dari … Read entire article »

Filed under: News, Press Release, Publication

Kasus Freeport dan Pelajaran bagi MP3EI dan MIFEE

Kasus Freeport dan Pelajaran bagi MP3EI dan MIFEE

Oleh : Gunawan* / Ketua Eksekutif IHCS 1. Tentang Tumpang Tindih Pola Klasik dan Pola Baru Internasionalisasi modal kini sedang menghadapi tiga tantangan sekaligus, yang itu berupa krisis keuangan, krisis pangan dan krisis energi. Isu krisis ini juga berdampingan dengan isu perubahan iklim. Internasionalisasi modal yang membutuhkan konektivitas secara internasional, regional dan nasional melahirkan agenda proyek-proyek infrastruktur dan krisis pangan, krisis energi serta perubahan iklim melahirkan agenda penguasaan skala besar tanah oleh swasta untuk perkebunanan dan hutan konservasi, … Read entire article »

Filed under: News, Press Release

UU Perlintan Tidak Melindungi Hak atas Tanah dan Hak Berserikat Petani

UU Perlintan Tidak Melindungi Hak atas Tanah dan Hak Berserikat Petani

Oleh : Gunawan* / Ketua Eksekutif IHCS Pada tanggal 09 Juli 2013, di DPR RI telah mengesahkan RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani (RUU Perlintan) menjadi undang-undang. Kini undang-undang tersebut tinggal menunggu tandatangan Presiden RI untuk selanjutnya masuk ke Lembaran Negara. Pertanyaan kritisnya semenjak masih berupa RUU adalah sejauh mana undang-undang tersebut melindungi dan memberdayakan petani ? yang mana persoalan lahan pertanian atau lebih tepatnya tanah yang dimiliki adalah permasalahan utama dari petani Indonesia. Semenjak Republik Indonesia hendak didirikan … Read entire article »

Filed under: News, Press Release