Articles Comments

IHCS » Archive

[Repair Request] cropping system against the Constitution

Inviting all constituents to attend in the case concerning the number 99/PUU-X/2012 judicial challenge no 12 year 1992 cropping system against the Constitution of the Republic of Indonesia Year 1945. Day        : Thursday Date      : 1 november 2012 Time      : at 13:30 pm Where  : Ruang  Sidang Pleno Lantai 2 Gedung Mahkamah Konstitusi Jalan Merdeka Barat Nomor 6, jakata Event    : Repair Request … Read entire article »

Filed under: Agenda

Tanggapan IHCS terkait UU pangan

Menurut Ketua IHCS, Gunawan, kontradiksi dan kekurangan UU itu dapat terbaca dalam beberapa hal. Antara lain menurut Gunawan, UU Pangan yang baru itu di dalam pertimbangannya menyatakan pemenuhan pangan adalah bagian dari HAM yang dijamin UUD 1945. Namun di pasal “mengingat”, sama sekali tidak menyebut UU Pengesahan Kovenan Internasional Hak-hak Ekonomi, Sosial dan Budaya. Di dalam Ketentuan Umum UU itu pun menurutnya tidak ada definisi hak atas pangan. Hal itu, menurut Gunawan pula, berarti UU Pangan tidak memiliki standar serta indikator yang jelas akan hak atas pangan. Ini berakibat di dalam batang tubuh UU itu ada banyak kewajiban negara dan hak warga negara terkait pangan yang tidak diatur. “Yang paling jelas adalah tidak diaturnya reforma agraria sebagai realisasi pemenuhan hak atas pangan dan tidak ada mekanisme tanggung gugat jika terjadi pelanggaran hak atas … Read entire article »

Filed under: Press Release

BENIH LOKAL PEMULYA PETANI

BENIH LOKAL PEMULYA PETANI

Penggunaan bibit padi dari persilangan varietas lokal terus disebarkan. Agar petani tidak tergantung pada produk pabrik.   Suara Nasikin terdengar gembira. Sebab, biaya bercocok tanam padi turun menjadi Rp 5 juta per hektare untuk bibit, pupuk dan traktor. Biasanya, ia harus menyiapkan biaya sekitar Rp 7 juta per hektare. Hasilnya pun kini lumayan bagus. “Bisa mencapai 10 ton per hektare. Bibit biasa hanya 4 ton,” ujar Nasikin, petani di Indramayu, Jawa Barat, kepada Prioritas, beberapa waktu lalu. Keuntungan berlipat … Read entire article »

Filed under: News